28 November 2008

Bangkitlah, ADS Magetan!!!

Beberapa anak berseragam sekolah putih abu-abu terlihat bergerombol di masjid sebuah sekolah membentuk lingkaran. Usia mereka sebaya. Terlihat senda gurau dan senyum mewarnai pertemuan itu. Semua terlihat senang dan gembira. Tidak terlihat raut kelelahan diwajah mereka, meskipun sudah setengah hari lebih mereka memforsir otak mereka dalam menerima pelajaran dari guru-guru mereka.

Seorang yang terlihat seperti pemimpin mereka berkata, "Kita tidak boleh menyerah sampai disini, yang namanya dakwah memang berat, itu sudah sunnatullah. Coba ingat, bagaimana dakwah para pemuda dalam sejarah islam. Pemuda Ibrahim harus menghadapi api panas yang membakar dirinya. Pemuda ashabul kahfi harus bersembunyi demi mempertahankan iman. Pemuda Amr bin Yasir menghadapi siksaan berat bersama keluarganya. dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau kita berhenti disini, berarti dakwah kita selama ini sia-sia"

Teman-teman yang lain mendengarkan dengan seksama, sambil sesekali mengangguk. Sungguh luar biasa melihat dan mendengarkan kejadian ini. Sementara teman-teman seusisa mereka diluaran sana hanya memikirkan diri sendiri, masih suka foya-foya dan bersenang-senang, masih cengeng, dan masih mencari jati diri. Namun, mereka sudah menemukan jati diri mereka. Jati diri seorang pemuda Islam.

Usia mereka mungkin belum bisa disebut dewasa, sebab mereka mungkin baru berumur belasan tahun, belum genap 20 tahun. Tapi mereka juga bukan anak-anak. Tapi usia tak menghalangi mereka untuk memegang amanah peradaban. Mengabdikan diri dan tenaga (harta masih belum ya :)) demi menyeru orang-orang disekitarnya kepada kebaikan dan kemaslahatan umat.

Usia mereka belum dewasa, tapi mereka sudah mampu berpikir ke depan. Berkontribusi demi terbentuknya peradaban umat sesuai dengan keyakinan mereka. Mereka sudah mampu mengkombinasikan keyakinan dihati mereka, ilmu di otak mereka dan tangan dibadan mereka. Dan mereka melakukan semua itu dengan sukarela. Atas nama cinta dan pengabdian kepada Tuhan mereka.

Siapa mereka? Kami semua mengenal mereka dengan Aktivis Dakwah Sekolah!
=========
http://andrikprastiyono.blogspot.com
kenangan semasa SMA

No comments: