31 July 2009

Jadilah hati bagi semesta

(Sebuah risalah untuk sahabat)


Dunia adalah raga dan kau adalah hatinya. Betapa dunia telah dijadikan indah oleh Sang Raja bagi segenap mata, segenap telinga, segenap harap. Dan karenanya segenap kehidupan, merambah setiap jengkal dunia untuk dimiliki, untuk dinikmati, untuk dinanti.

Maka kau adalah hati bagi semesta. Kau adalah hati yang membawa dunia kepada keindahannya yang hakiki. Kepada bentuknya yang telah dilukiskan oleh Sang Raja. Kepada peruntukannya yang telah dianugerahkan Sang Pengasih. Kepada segenap kehidupan.

Ya…kau adalah hati bagi semesta dimana segenap kehidupan meminta fatwa. Dimana baik dan buruk mendapatkan mizannya. Dimana sang pengembara yang mengembara dunia menemukan arah langkahnya. Maka lihatlah hatimu sebab kau hati bagi semesta.

Sebagaimana para musafir membawa harta dipadang nan luas. Seperti itu juga kau membawa hatimu. Penuh waspada. Penuh siaga. Penuh harap-harap cemas. Sebab kau adalah hati bagi semesta.

Sebagaimana para nakhoda nan gagah perkasa ditengah deru samudera. Seperti itu juga kau berdiri diatas hatimu. Penuh keyakinan. Penuh keteguhan. Penuh pandangan. Sebab kau adalah hati bagi semesta.

Sebagaimana burung-burung yang memburu angkasa. Seperti itu juga kau mengepakkan hatimu. Menuju tempat tertinggi. Menuju kemerdekaan. Sebab kau adalah hati bagi semesta.
Sebagaimana bunga yang mekar dipucuk-pucuk dunia. Seperti itu juga kau menjadi warna bagi dunia. Penuh keindahan. Penuh pesona. Penuh makna. Sebab kau adalah hati bagi semesta.
Maka membahanalah bahagia disepenjuru buana. Sebab kau hadir untuk menjadi hati bagi semesta.

Maka gegap gempitalah ujung-ujung surya. Sebab kau lahir untuk menjadi hati bagi semesta.Maka katakan yang benar… jangan ragu! meski dihadapan tiran yang berkuasa atau dihadapan kawan yang sok kuasa. Kelak jika telah sampai masa menuai, ku titipkan selaksa rindu kepada hati-hati semesta yang lain. Sebagaimana telah kutitipkan asa ku pada mu untuk menjadi hati bagi semesta.

No comments: